KPU Sentil Bambang Widjojanto Soal Pemilu Terburuk: Ingat Era Orba

V9NEWS – KPU menyentil ketua tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai pernyataannya yang menyebut Pemilu 2019 merupakan pemilu terburuk didalam sejarah. KPU menilai BW tidak jelas histori pemilu di Indonesia.

“Pernyataan Mas BW yang tunjukkan bahwa Pemilu 2019 merupakan pemilu terburuk didalam histori Indonesia merupakan pengakuan yang ahistoris, dan juga tidak didasarkan terhadap data dan argumen yang jelas,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantohwi didalam info tertulis, Senin (27/5). SITUS VIA GOPAY

Pramono kemudian membeberkan bagaimana pelaksaan pemilu sementara jaman Orde Baru. Menurutnya pemilu sementara Orde Baru jauh lebih bermasalah dibanding bersama dengan Pemilu 2019.

“Mungkin aku mesti mengingatkan bahwa kita dulu mengalami beberapa kali pemilu sepanjang Orde Baru yang kuantitas parpol dibatasi tidak lebih berasal dari tiga, tidak boleh ada presiden penantang, seluruh caleg mesti melalui proses penelitian spesifik (litsus) oleh aparat untuk dinyatakan bersih,” jelas Pramono.

Selain itu, Pramono menjelaskan penyelenggara pemilu jaman Orde Baru tidak independen dikarenakan berada di bawah kendali Departemen Dalam Negeri (Depdagri) sementara pengawas pemilu di bawah kejaksaan.

“(Era Orba) Tidak boleh tersedia pemantau pemilu, tersedia sekian kuantitas kursi gratis di DPR (yang tidak dipilih dalam pemilu) bagi TNI/Polri, dan lain-lain,” ucap Pramono.

Atas lebih dari satu aspek itu, Pramono menegaskan bahwa Pemilu 2019 jauh lebih baik dibanding pemilu jaman Orde Baru. Sebab Pemilu 2019 menganut asas luber dan jurdil. IDN POKER PULSA

“Bagi saya, seberapa pun banyaknya masalah yang tersedia pada pemilu-pemilu pasca-reformasi, terhitung Pemilu 2019, udah mampu dipastikan masih jauh lebih baik berasal dari pemilu sepanjang Orde Baru,” tutup Pramono.

SITUS AMAN TERPERCAYA PLAYER VS PLAYER TANPA BOT
MELAYANI BANK BCA, MANDIRI, BNI, BRI DAN DANAMON
BERAPAPUN KEMENANGAN ANDA, V9POKER PASTI BAYAR !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *